Tinjau Ketersedian Bahan Pokok, Makmur Marbun Dorong Ketersediaan Pangan Lokal

Babulu,- Usai melaksanakan Sahur on the road di Desa Labangka Barat, Penjabat (Pj.) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun kembali mengunjungi pasar di Kecamatan Babulu. Jumat, (29/03/2024). Kunjungan dilakukan untuk meninjau langsung kondisi harga bahan pokok di pasar dan berinteraksi dengan para pedagang.

Makmur Marbun meninjau langsung ketersediaan bahan pangan di pasar, seperti beras, minyak goreng, telur, daging, dan sayur mayur dan berinteraksi langsung dengan para pedangang, Dari hasil tinjauan diketahui stok bahan pangan cukup aman dan harga relatif stabil.

“Komoditi sayur mayur hari ini hampir didominasi produk lokal, hasil pertanian masyarakat Penajam Paser Utara yaitu yang berada di Kecamatan Babulu”, Ujar Makmur Marbun.

“Sektor pertanian inilah yang harus terus kita dukung, kita memiliki potensi besar, dan petani kita tidak saja berfokus pada petani padi/beras tapi sayuran juga memiliki potensi besar”, Sambungnya.

Makmur Marbun kerap menyoroti pentingnya pemberdayaan produksi lokal dalam menanggulangi inflasi, khususnya komoditas utama seperti cabai dan bawang.

Makmur Marbun menekankan, untuk mengatasi inflasi, tidak hanya membutuhkan kebijakan moneter, tetapi juga pendekatan holistik melalui peningkatan ketersediaan pangan.

Program pemberdayaan produksi lokal ini meliputi distribusi bibit cabai merah kepada petani di PPU. Marbun mengungkapkan optimisme bahwa langkah ini akan mengurangi tekanan inflasi di daerah. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani dan menguatkan ketahanan pangan lokal.

“Dengan meningkatnya hasil pertanian lokal, maka kebutuhan pokok kita bisa cenderung stabil, baik dari harga hingga jumlahnya yang terbilang cukup”, Pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *