Kemenparekraf dan Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Perkuat Peran Kades dan Lurah PPU Kembangkan Pariwisata

BABULU – Wakil Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Hetifah Sjaifudian bersinergi dengan Direktorat Hubungan Antarlembaga Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di Desa Babulu Darat, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Rabu (23/08/2023).

Bimtek ini bertujuk Penguatan Kapasitas bagi perangkat Desa dan Kelurahan se-PPU dalam “Forum Penguatan Peran Kepala dan Perangkat Desa Dalam Meningkatkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten PPU”.

Hetifah mengatakan, masih terdapat beberapa masalah mendasar pengelolaan desa yaitu potensi wisata yang dimiliki desa belum sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal, infrastruktur terutama jalan akses menuju destinasi yang belum sepenuhnya memadai, dan terbatasnya SDM tingkat desa untuk mempromosikan wisata.

“Kepala Desa/Lurah dan Perangkatnya sangat berperan dalam mengelola potensi wisata di desanya dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membangun pariwisata di desanya tersebut,” kata Hetifah.

Lanjut Hetifah dalam membangun suatu destinasi wisata yang menarik harus melibatkan semua pihak terlebih Kabupaten PPU merupakan Serambi Nusantara.

“saya optimis pariwisata di PPU bisa berkembang. Seperti perencanaan yang matang, partisipasi masyarakat, infrastruktur dan fasilitas, promosi wisata, pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan SDM, dan tentu terkait kemitraan dan kolaborasi.  Podarwis tentunya para pemuda desa dapat dikembangkan dan dilatih sehingga dapat mengembangkan potensi-potensi desa dengan lebih baik,” Pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *