PMI PPU Gelar JUMBARA PMR Perdana Tahun 2022

KALTIMTALK.COM, PENAJAM – Palang Merah Indonesia Kabupaten Penajam Paser Utara gelar Jumpa Bakti Gembira Palang Merah Remaja (JUMBARA PMR) Tingkat Kabupaten yang ke-1 Tahun 2022 di Bumi Perkemahan Benuo Taka Babulu, Kamis (24/11).

Jumbara PMR perdana ini diikuti sebanyak 7 kontingen yang terdiri PMR SMPN 3 PPU, SMPN 12 PPU, SMAN 2 PPU, SMA ITCI PPU, MAN PPU, SMKN 3 PPU, SMKN 2 PPU dengan total jumlah peserta mencapai 130 orang.

Pembukaan Jumbara PMR yang berlangsung singkat ini ditandai dengan pemukulan Gong sebanyak tiga kali oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setkab PPU Ahmad Usman.

Ahmad Usman yang hadir mewakili dan membacakan sambutan dari Plt. Bupati PPU Hamdam menyebutkan kepalang merahan merupakan organisasi kemanusiaan yang menjadi salah satu aset bangsa dan negara yang perlu dijaga dan dikelola dengan cara profesional, amanah, netral, dan mandiri.

“Diantara tumbuh kembangnya organisasi kemanusiaan lain, PMI bersama PMR terus dituntut untuk menjadi bagian dibidang penanganan kemanusiaan serta harus menjadi mitra strategis bagi pemerintah dan menjadi mitra yang saling bermanfaat bagi lembaga lainnya”, Ujarnya.

Hamdam juga mengharapkan PMI dan PMR Kabupaten Penajam Paser dapat mengoptimalkan berbagai kegiatan rutin PMI dan perlu juga dilakukan terobosan-terobosan baru yang inovatif dalam rangka menjaring relawan dan sosialisasi pentingnya para pendonor darah baru, guna memenuhi kebutuhan darah serta menjadikan aksi donor darah sebagai gaya hidup di tengah masyarakat.

“Hal ini sangat perlu untuk dilakukan, karena kita sering dihadapkan oleh ketidakberimbangan jumlah persediaan kantong darah dengan kebutuhan darah dari tahun ke tahun,” tutupnya.

Sementara Ketua Panitia Abdul Cholik dalam laporannya mengatakan kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi antara anggota PMR dengan pengurus PMI Kecamatan hingga Kabupaten dan sekaligus sebagai ajang seleksi Jumbara tingkat Nasional yang rencananya akan berlangsung di Lampung pada 2023 mendatang.

Pembukaan diakhiri dengan penyerahan Plakat secara simbolis kepada para sponsor yang telah memberikan dukungan dalam kegiatan Tersebut .(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *