Pemkab PPU dan Donggala Teken MoU Bidang Pembangunan

  • Bagikan
Penandatanganan MoU dalam berbagai bidang pembangunan antara pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Kabupaten Donggala. Foto : Hms06

KALTIMTALK.COM, PENAJAM- Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dengan Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah ini nampaknya semakin nyata. Hal itu ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama dalam berbagai bidang pembangunan atau MoU antara kedua daerah tersebut. Penandatanganan ini juga melibatkan sejumlah Dinas terkait di lingkungan Pemda PPU maupun Pemda Donggala.

Penandatanganan ini digelar di lokasi titik Nol Ibukota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU oleh Plt. Bupati PPU, Hamdam dan Bupati Donggala, Dr. Kasman lassa yang disaksikan oleh masing-masing jajaran Forkopimda dari kedua daerah itu, Selasa, (30/8/2022) siang.

Plt. Bupati PPU Hamdam dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai pemerintah Kabupaten PPU yang memang perlu mitra kerjasama dari daerah lain. Karena menurutnya untuk mensupport pembangunan IKN Nusantara tidak mungkin dilakukan oleh kabupaten PPU sendiri.

” Tugas kita sekarang ini adalah bagaimana mensukseskan pembangunan IKN. Sekecil apapun itu harus sama-sama kita bantu dan laksanakan untuk mensukses pembangunannya di sana,” kata Hamdam.

Dikatakan Hamdam bahwa banyak daerah-daerah lain yang Ingin berkomunikasi dengan Kabupaten PPU untuk melakukan kerjasama khususnya dalam rangka pembangunan IKN di kabupaten PPU ini. Tetapi kata Hamdam, tidak ada yang spesial seperti Kabupaten Donggala.

Menurutnya bupati Donggala ini memiliki pemikiran visi kedepannya. Karena beliau langsung bisa membaca peluang-peluang bagaimana mengoptimalkan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Donggala untuk menjadi modal bagi pembangunan-pembangunan di daerahnya.

” Hari ini kita melakukan penandatanganan MoU yang akan menjadi starting poin kita untuk bagaimana ke depan bisa melakukan kerjasama-kerjasama yang lebih menguntungkan bagi kedua belah pihak, yang muaranya adalah bagaimana kita bisa turut memberikan dukungan terhadap suksesnya pemindahan IKN di kabupaten PPU, ” tutup dia.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Bupati Donggala, Kasman lassa yang hadir didampingi sang istri yang juga Ketua TP. PKK, Kabupaten Donggala, Hj. Indotang Kasman lassa mengucapkan terima kasih kepada pemda PPU yang telah bersedia menjalin kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Donggala dalam berbagai sektor pembangunan yang ada di daerah masing-masing tersebut.

” Kami berterima kasih khususnya kepada bapak bupati PPU karena telah membawa kami ke titik Nol IKN ini. Saat ini yang ada di hati kami adalah batu kerikil, batu abu, batu Gajah dan semua bahan material di sana akan kami konsentrasikan di sini.
Kemudian yang kami sampaikan adalah terkait sayur-sayuran, buah-buahan, ternak, ikan, beras dan sebagainya itu sudah kami persiapkan sejak dicanangkannya IKN ini di Kabupaten PPU. Kami juga telah berkoordinasi sejauh ini, oleh karena itu kami berani melakukan MOU dengan pemerintah Kabupaten PPU sampai ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama antara perusahaan dengan dinas-dinas terkait yang ada,” ungkapnya.

Dirinya berharap agar Donggala ingin ada di kawasan IKN tersebut yang terkoordinir melalui Pemda provinsi Sulawesi Tengah.

“Insya Allah pulang dari sini selanjutnya kami langsung ke pak gubernur dan Donggala berharap juga bisa ada lokasi di kawasan IKN ini walaupun tidak di pusat pemerintahan asalkan di kawasan PPU,” ungkapnya.

Sehubungan dengan kerjasama ini lanjutnya pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Kementerian terkait agar kerjasama tersebut dapat berjalan dengan mulus serta semua terkoordinir dan terintegrasi sehingga tidak ada ketersinggungan di sana. Karena menurutnya kerjasama itu juga punya tujuan yang sama untuk mensejahterakan rakyat dua Kabupaten yaitu Donggala dan PPU.

Apa lagi kata dia bahwa Donggala dan PPU juga memiliki jarak yang cukup dekat atau dapat dikatakan hanya berhadapan dan dapat ditempuh dalam waktu yang cukup singkat. Hal ini menjadi salah satu penunjang bagi terlaksananya kerjasama antar kedua daerahm

” Insya Allah setelah kunjungan ini kami akan melakukan koordinasi dengan sejumlah pemegang potensi-potensi daerah yang ada di wilayah Donggala supaya kerjasama ini dapat dipercepat,” jelasnya.

Lebih jauh kata dia bahwa Kabupaten Donggala telah dicanangkan oleh Presiden sebagai kawasan pangan Nusantara. Sementara kabupaten PPU dicanangkan sebagai lokasi IKN Nusantara. Hal itu menurutnya bahwa berkah IKN turun ke PPU kemudian berkah PPU di turunkan ke Donggala.

“Ini merupakan hal yang sangat luar biasa. Kami sampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya bawa kami siap untuk melakukan hal-hal yang sifatnya demi untuk kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat di kedua wilayah yaitu PPU dan Donggala, “pungkasnya.

Setelah penandatanganan MOU di lokasi titik nol IKN Nusantara rombongan kemudian juga bergeser ke lokasi pembangunan waduk yang berada di semoi II Kecamatan sepaku itu. Selanjutnya rombongan bertolak menuju kota Balikpapan untuk persiapan kembali ke Kabupaten Donggala. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.