Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Karnaval Budaya di Kecamatan Waru

Ratusan kendaraan hias ikuti karnaval budaya dalam rangka HUT RI Ke-77 di Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara. Foto : Humas06

KALTIMTALK.COM, PENAJAM– Ratusan warga Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang terdiri dari siswa-siswi sekolah dan masyarakat umum antusias mengikuti dan memeriahkan karnaval budaya dalam rangka HUT RI ke-77. Hampir semua peserta menggunakan kostum unik yang menarik perhatian pengunjung, Minggu, (28/8/2022) siang.

Karnaval yang memang rutin digelar setiap tahun di kecamatan Waru ini dilepas oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati PPU, Hamdam didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten PPU, Syahrudin. Tampak hadir Ketua TP PKK Kabupaten PPU, Satriyani Sirajudin, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga PPU, Alimuddin, Camat Waru, Haris Raffi dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Plt. Bupati PPU, Hamdam di sela-sela ini mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi kegiatan karnaval budaya yang diselenggarakan di kecamatan Waru, Kabupaten PPU tersebut.

Ia mengatakan bahwa kegiatan karnaval tersebut sangat menarik dan patut untuk terus dilaksanakan setiap tahunnya.

” Melalui karnaval ini banyak menampilkan berbagai macam kesenian dan budaya daerah dengan berbagai kreasinya yang memang patut dibudayakan. Kegiatan ini juga telah disusun sedemikian rupa sehingga sangat menarik untuk disaksikan,” kata Hamdam.

Hamdan menilai bahwa karnaval budaya tersebut juga sangat luar biasa dan masih jarang sekali ditemui di daerah-daerah lain. Dia berharap kedepannya kegiatan semacam itu dapat menjadi salah satu potensi daerah yang bisa memiliki nilai plus bagi Kabupaten PPU.

” Kami menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pihak penyelenggara dan seluruh pihak-pihak terkait lainnya khususnya masyarakat kecamatan Waru. Kegiatan karnaval budaya ini sangat luar biasa sekali,” kata Hamdam.

Camat Waru, Haris Raffi mengatakan bahwa antusias peserta untuk mengikuti kegiatan atau sekedar menyaksikan karnaval cukup tinggi. Bahkan dalam karnaval budaya ini peserta berupaya menampilkan kostum unik serta kendaraan yang dihias semenarik mungkin.

Dirinya berharap karnaval tersebut dapat menjadi motivasi masyarakat Waru untuk lebih dewasa serta mandiri dalam berpikir. Kemudian diharapkan ke depan kegiatan serupa bisa lebih meriah dan ramai lagi.

” Alhamdulillah kegiatan karnaval hari ini telah berjalan dengan sukses. Itu semua tentu karena dukungan dan antusias seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Waru yang memang selama dua tahun terakhir tidak menyelenggarakan kegiatan karnaval dikarenakan pandemi covid-19 dan baru tahun ini kami dapat melaksanakan kembali,” kata Haris.

Dirinya mengatakan bahwa kegiatan karnaval tersebut merupakan swadaya dari seluruh masyarakat khususnya Kecamatan Waru yang dengan sukarela telah menyumbangkan berbagai keperluan untuk pelaksanaan karnaval tahunan tersebut.

” Kami atas nama pemerintah Kecamatan Waru menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat maupun panitia penyelenggara kegiatan karnaval ini sehingga acara karnaval budaya sukses dilaksanakan pada hari ini,” ucapnya.

Salah satu peserta bernama Muhammad Affan yang merupakan siswa Sekolah Dasar 008 Waru tersebut, menuturkan, dirinya sangat senang mengikuti kegiatan ini untuk memeriahkan HUT RI. Harapannya kegiatan serupa bisa kembali digelar dan pesertanya bisa lebih baik lagi.

“Saya dalam karnaval kali ini mengenakan pakaian unik berupa pakaian yang terbuat dari koran bekas, namun dikreasi mamah saya agar lebih terlihat menarik ,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *