Berjalan Khidmat, Upacara HUT ke-77 RI di PPU Sukses Digelar

Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati Penajam Paser Utara berlangsung penuh khidmat dan sukses, Rabu (17/8/2022) pagi.

KALTIMTALK.COM, PENAJAM – Pemerintah Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di halaman Kantor Bupati PPU, Rabu (17/08/2022). Pelaksana Tugas (Plt) Bupati PPU, Hamdam bertindak sebagai Inspektur Upacara memimpin langsung jalannya upacara tersebut. Sedangkan Komandan Upacara yang bertugas adalah Kapten Inf Arsad dari Kodim 0913/PPU.

Peringatan Detik-Detik Proklamasi ditandai dengan membunyikan sirine dan dilanjutkan dengan pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD PPU, Syahrudin M. Noor. Upacara berlangsung dengan khidmat dan lebih ramai dibanding tahun sebelumnya yang sangat terbatas akibat pandemi Covid-19.

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan RI pada tahun ini mengangkat tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.” Akibat pandemi Covid-19, pemerintah dan masyarakat bersinergi bersama dalam mencapai pemulihan kondisi di semua sektor dan bangkit untuk menghadapi tantangan global. Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI pada tahun ini merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam mempersatukan segenap elemen masyarakat Indonesia dalam menghadapi tantangan yang ada.

Hamdam saat diwawancara usai upacara menanggapi bahwa tema peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI sangat relevan untuk memotivasi pemerintah dan masyarakat setelah mengalami masa-masa keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Ia menyebut telah ada gairah dari warga dan stakeholder dalam menatap masa depan yang lebih baik.

“Mudah-mudahan momentum peringatan 17 Agustus Hari Kemerdekaan yang Ke-77 ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk lebih memotivasi dan memberikan semangat untuk terus maju dan berkembang,” harapnya.

Selain Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Pemerintah Kabupaten PPU dalam kesempatan yang sama memberikan penghargaan kepada para veteran dan janda veteran pejuang kemerdekaan RI di Kabupaten PPU. Penghargaan ini diserahkan kepada Sujiono, Side, Mariati, dan Fatimah.

Turut hadir dalam rangkaian kegiatan tersebut, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) PPU, Wakil Bupati PPU Periode 2013-2018 Mustaqim MZ, instansi vertikal, seluruh perangkat daerah, organisasi kemasyarakatan, perwakilan guru serta siswa SMP/SMA di PPU, dan tamu undangan lainnya.

Usai kegiatan, Hamdam beserta jajaran Forkopimda melanjutkan kegiatan Peringatan HUT Ke- 77 Kemerdekaan RI dengan mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat, secara virtual di Kantor Bupati PPU. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *