Hari Pahlawan 116 Veteran dan Janda Veteran Kabupaten Kukar Terima Tali Asih

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin secara simbolis berikan bantuan ke Veteran dan Janda Veteran di Halaman Kantor Bupati Kutai Kartanegara, Rabu 10/11/2021, (Kaltimtalk.com)

KALTIMTALK.COM, KUKAR – Hari Pahlawan memang hari yang spesial bagi para veteran dan keluarganya dalam peringatan Hari Pahlawan ke 76 yang jatuh pada hari ini, Rabu, (10 November 2021). Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara menyampaikan tali asih pada 116 veteran dan janda veteran. Penyerahan tali asih tersebut dilaksanakan secara simbolis dalam rangkaian upacara peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Bupati Kukar pagi tadi oleh Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin.


Sebanyak 116 veteran dan janda veteran mendapat tali asih senilai Rp. 7,5 juta per orang. Wakil Bupati Kukar (Wabup) Rendi Solihin mengakui tali asih yang diberikan ini masih belum seberapa dibandingkan dengan perjuangan para veteran untuk memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Wabup berharap dana tersebut bisa bermanfaat bagi para veteran yang masih hidup ataupun janda veteran beserta keluarganya.

“Sebanyak 116 veteran dan janda veteran yang masih hidup dan insyaAllah itu tanpa potongan. Rp. 7,5 juta itu murni untuk veteran,” ucap Wabup Rendi Solihin seusai melaksanakan upacara.

Kepala Dinsos Kukar Hamly menjelaskan bahwa sebenarnya ada sebanyak 123 orang veteran maupun jandanya yang mendapat tali asih menurut SK Bupati Kukar. Namun 7 orang diantaranya meninggal sehingga hanya menyisakan 116 orang saja.

Terkait nilainya, Kadinsos Kukar Hamly mengungkapkan bahwa tali asih sebesar Rp. 7,5 juta yang diberikan per tahun tersebut sangat minim. “Tapi itulah tanda silaturahmi Pemerintah Daerah dengan pejuang veteran yang ada di Kukar,”


Selain tali asih , Dinsos Kukar juga menganggarkan dana untuk pendamping para veteran di tiap-tiap kecamatan. Para pendamping itu melekat dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). “Merekalah yang mendampingi para veteran dan janda veteran yang masuk dalam kategori lansia setiap kali ada acara yang melibatkan mereka. Hari ini kami fasilitasi antar jemput dari rumah sampai kembali,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *