Kecamatan Babulu Dilanda Banjir , 21 KK Terdampak

Sekda dan Sejumlah Pejabat di Penajam Paser Utara Tinjau Banjir di Babulu

PENAJAM – Banjir melanda Desa Gunung Mulia dan Desa Sumber Sari di Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Banjir ini diperkirakan bukan hanya karena curah hujan yang tinggi, namun juga karena luapan sungai Longkali dari kabupaten Paser. Dampak banjir mulai dirasakan warga desa sumber sari sejak hari jumat (08/10/2021) sekitar pukul 15.00.

Korban banjir diperkirakan sebanyak 21 Kartu Keluarga (KK) dari 533 kk warga Desa Sumber Sari dan Desa Gunung Mulia.

Mendengar bencana tersebut, Plt. Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Muliadi di dampingi BPBD Kabupaten PPU, Camat Babulu, Kades Sumber Sari, Babinsa serta Bhabinkamtibmas meninjau langsung bencana banjir di dua Desa Kecamatan Babulu tersebut pada minggu (10/10/21).

Saat melakukan peninjauan, Muliadi langsung meminta kepada Dinas terkait untuk dapat segera mengatasi atau mengurangi dampak dari banjir tersebut, tujuannya agar air dapat mengalir dengan lancar serta bisa menampung lebih maksimal. ” saya minta kepada Dinas terkait dan kalau perlu berkoordinasi dengan Provinsi untuk melakukan pembersihan aliran primer irigasi dan sekunder, ” pinta Plt. Sekda tersebut

Bahkan, Sekda juga berharap agar bencana banjir yang melanda dua Desa yang ada di Kecamatan Babulu tidak terlalu berdampak parah bagi warga. Tentu Pemerintah akan senantiasa berusaha untuk meminimalisir dampak banjir dan segera dapat teratasi agar kehidupan warga dapat berjalan normal kembali.

” Saya juga berpesan ditengah bencana seperti agar tetap mengingatkan prokes covid-19. Saya pun menghimbau kepada Masyarakat agar tetap mentaati himbauan pemerintah antara lain tetap menjaga jarak, menghindari keramaian, menggunakan masker apabila beraktifitas di luar rumah serta selalu mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, ” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Desa (kades) Sumber Sari Iqbal Albertus Serang Menambahkan bahwa banjir ini telah berdampak pada warganya dari 16 RT ada 9 RT telah terendam dan masih ada beberapa warga yang bertahan dirumah walau banjir telah menggenangi. Ia pun berharap kepada warga yang masih bertahan bisa langsung mengungsi ke tempat yang telah disediakan.

” Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah PPU yang telah tanggap membantu warga Desa kami dengan mengirim petugas dari BPBD dan relawan untuk membantu mengevakuasi warga, ” ujar Iqbal

Iqbal juga ingin berterimakasih kepada kepada para donatur yang telah membantu, diantaranya Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Paser, PMI, Partai Nasdem PPU, Partai Demokrat PPU, Lazizmu PPU. ” kami ucapkan terima kasih sebanyak-banyak, kami masih terbuka untuk menerima bantuan buat warga kami yang terdampak, apa yang telah diberikan akan kami manfaatkan sebaik-baiknya dan kepada para donatur dan relawan yang membantu kami mendapat berkah dari Allah SWT., ” tutupnya (KT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *