Sekda PPU Hadiri Launching Kampung Bebas Narkoba

PENAJAM, Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Drs H Tohar MM mewakili Bupati, hadiri Launching Kampung Bebas Narkoba di Desa Bangun Mulyo, Kecamatan Waru, Rabu (30/08//2023).

Tohar menyampaikan terimakasih ”terima kasih kepada Kapolres dengan jajarannya yang telah memilih salah satu desa di Kecamatan Waru untuk ditetapkan sebagai Kampung bebas narkoba.”

“Menjadi tantangan kita, ketika kita diberikan bebas narkoba. Harapan Kita jangan sempat muncul ke permukaan, terutama di Desa Bangun Mulia jadi ini, bagian dari ikhtiar kita, mudah-mudahan setelah Desa Bangun Mulya, desa dan kelurahan lainnya di kecamatan Waru juga sama. Dan mudah mudahan 54 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara juga akan menjadi Desa/Kelurahan yang bebas narkoba.” Harap Tohar.

Tohar menjelaskan” kita bisa hadir bersama di tempat ini, dalam rangka menyatukan pemahaman kita, menyatukan keinginan yang sama, agar generasi kita ke depan generasi yang terbebas dari narkotika dan obat-obatan terlarang.”

“Tujuan dengan dibentuknya kampung bebas narkoba adalah untuk mengajak warga memberantas memerangi dan menekankan peredaran narkoba di wilayah kabupaten PPU dan khususnya desa Bangun Mulyo ini”. Tambah Tohar.

Tohar menerangkan “Bapak Ibu sekalian diantara kita, Saya yakin ada yang tidak atau belum pernah melihat bentuk narkoba. Narkoba jenisnya itu banyak, kemudian dampaknya juga bermacam-macam, yang sering kita dengar dalam berbagai situasi dan kondisi apalagi dengan media yang bisa kita lihat sewaktu-waktu sekian banyak dampak yang ditimbulkan narkoba, oleh karena itu, ini menjadi keprihatinan kita, bagi pemerintah sebagai regulator, masyarakat para orang tua, yang saya pikir sama, tidak sama sekali menginginkan generasi kita ke depan terpapar narkoba.”

“Ini tidak mudah namun dengan kolaborasi komperhensif diantara komponen masyarakat untuk sama-sama mengambil peran, dari lingkungan yang terkecil, keluarga, RT, Desa, dan juga keterlibatan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan juga tokoh pemuda, untuk melakukan pengawasan sehingga efektifitas dalam pencegahan dan pengawasan putra-putri kita sebagai generasi penerus bisa terjaga dan bebas dari narkoba” ungkap Tohar.

Selain terkait narkoba, Tohar juga mengingatkan akan musim kemarau yang saat ini terjadi, saat ini musim kemarau dimana kebutuhan akan air bersih semakin meningkat namun ketersediaan yang semakin sedikit bahkan kurang karena beberapa embung yang mulai kering, saya mengingatkan agar kita bisa melakukan penghematan dalam penggunaan air.”

Tohar juga mengingatkan terkait kebakaran hutan dan lahan, ” kami sangat bermohan kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati terutama ketika menghimpun sampah yang berada di kiri kanan rumah dan terus membakarnya ini bisa berpotensi menjadi kebakaran.”

“dan kepada para pemilik lahan kami mohon untuk tidak membuka dengan membakar, karena ini bisa berpotensi menjadi kebakaran hutan dan lahan, kalau ini tidak bisa terkendali sedangkan sumber daya dan peralatan kita terbatas ini bisa menjadi potensi yang membahayakan bagi kita semua.” tutup Tohar. (Adv/Diskominfoppu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *