Tingkatkan Layanan Informasi Publik, Diskominfo PPU Hadiri Forum Koordinasi PPID se Kaltim

Penajam- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menghadiri kegiatan Forum Koordinasi PPID Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur tahun 2023 yang dirangkai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor!) yang diselenggarakan oleh Diskominfo Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Hotel Jatra Balikpapan pada hari Selasa (20/06/2023).

Kegiatan yang bertemakan “Meningkatkan kualitas SDM dalam pelayanan informasi untuk kesejahteraan masyarakat Kalimantan Timur” menghadirkan narasumber dari Kementerian Kominfo, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Komisi Informasi Pusat, Komisi Informasi Provinsi Kaltim dan akademisi Universitas Mulawarman.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal mewakli Wakil Gubernur Kaltim dan dihadiri seluruh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) kabupaten/kota se Kaltim.

Kepala Diskominfo Kaltim saat menyampaikan sambutan Wakil Gubernur Kaltim mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini, dengan harapan semua hasil pembahasan untuk ditindaklanjuti dengan baik.

” Forum ini merupakan momentum berharga bagi kita semua untuk mengevaluasi dan memperkuat tahapan yang di ambil dalam meningkatkan keterbukaan informasi publik serta efektifitas laporan dan pengawasan di Kalimantan Timur,” ungkapnya.

Lebih lanjut Faisal mengatakan implementasi kebijakan pelayanan publik masih belum berjalan secara optimal. Saat ini masih banyak instansi pemerintah memiliki aplikasi digital untuk pengaduan pelayanan publiknya dan sistem publikasi informasi.“Tetapi ini masih berjalan secara parsial dan belum terintegrasi dengan baik,” jelasnya.

Namun tantangan bukan itu saja, tambah Faisal proses transformasi menuju pemerintahan yang terbuka yang berbasis data memerlukan koordinasi yang erat antara seluruh stakeholder yang terkait.

” Dalam hal ini koordinasi lintas instansi Kaltim sangat penting untuk memastikan kesinambungan upaya keterbukaan informasi publik,” kata Faisal.
Lebih jauh Ia mengatakan mendorong agar forum ini menjadi ruang untuk berbagi pengalaman, best practice tantangan yang dihadapi masing-masing kabupaten/ kota.

” Bersama-sama kita dapat mengidentifikasi solusi yang inovatif dan efektif untuk memperkuat pelaksanaan PPID dan memperkuat layanan publik di seluruh wilayah Kalimantan Timur,”katanya.

Ia berharap kegiatan forum koordinasi PPID dapat meningkatkan kompetensi SDM pegawai sehingga dapat membawa tugas dan fungsi PPID serta aplikasi SP4N Lapor berperan secara aktif dan maksimal.

” Sehingga dapat digunakan sebagai strategi penyusunan kebijakan dan pengambilan keputusan demi kebijakan ke arah lebih baik dan tidak melenceng manfaatnya bagi masyarakat,” pungkasnya. (Adv/DiskominfoPPU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *