Tunjang Layanan Logistik IKN, KIP Sewa Lahan Pemda di Pelabuhan Buluminung

KALTIMTALK.COM, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sambut kerja sama sewa lahan di kawasan Buluminung oleh Perusahaan BUMN PT. Krakatau Bandar Samudra sebagai operator dari Krakatau International Port (KIP).

Kerja sama antara Krakatau Internasional Port (KIP) bersama Pemerintah daerah ini dilakukan dengan penandatanganan kerja sama secara langsung oleh Plt. Bupati PPU Hamdam bersama Officer Krakatau International Port, Akbar Djohan, serta didampingi langsung oleh para perwakilan Krakatau Internasional Port dan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten PPU. Beberapa waktu lalu. Kamis, (13/12/2022).

Hamdam ditemui usai penanda tanganan kerja sama mengatakan Pemda PPU saat ini menyambut kerjasama oleh Krakatau International Port (KIP).

Kerja sama ini meliputi sewa lahan di kawasan Pelabuhan Buluminung guna mendukung sebagai lokasi kantor pemasaran KIP & Group yang bergerak di jasa ke pelabuhan dan logistik dalam mendukung pembangunan IKN kedepan.

“Pemda PPU terus berusaha mengoptimalkan peluang-peluang yang ada seiring IKN, salah satunya potensi kewilayahan saat ini dengan kita buka peluang kerjasama yang dapat dikembangkan oleh para pengembang atau insvestor dan tentunya ini dapat mengenjot sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) agar lebih maksimal”.

Tidak hanya PAD, Ia juga mengungkapkan adanya KIP ini dikawasan Buluminung juga diharapkan dapat membuka peluang kerja baru bagi masyarakat kita karena hadirnya IKN dengan segala kebutuhan dan pemenuhannya sudah pasti memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga kita harus tangkap semua peluang ini secara baik.

Hamdam juga menjelaskan bahwa pelabuhan Buluminung ini sangat memungkinkan dikembangkan dalam berbagai bidang jasa maupun pemenuhan kebutuhan IKN oleh para pengembang, karena terkoneksi dengan lahan seluas 19 hektar dan memiliki Jetty dengan panjang 120 Meter dengan kedalaman mencapai -8,9 LWS yang dapat disandari kapal jenis LCT dan Tongkang.

Sehingga ini akan jadi kawasan yang diperuntukan guna mendukung kebutuhan IKN oleh KIP dengan skema kerjasama lahan dan sektor inilah salah satu yang menjadi penggenjot PAD yang lebih optimal lagi dibandingkan sebelumnya. Pungkasnya.

Hal yang sama diungkapkan Chief Executive Officer Krakatau International Port, Akbar Djohan, bahwa kerjasama lahan Buluminung milik Pemda PPU sebagai salah satu pengembangan bisnis KIP di berbagai daerah.

Akbar menambahkan bahwa kehadiran KIP di wilayah IKN, sebagai bentuk komitmen KIP untuk mendukung penuh pembangunan IKN yang sangat yang dinanti-nantikan oleh seluruh elemen bangsa Indonesia.

Kawasan Buluminung ini sangat mendukung dan berpotensi menjadi stockpile, open yard, ataupun gudang tetutup yang terkoneksi dengan lahan seluas 19 hektar. Terlebih kawasan Buluminung memiliki Jetty dengan panjang 120 Meter dengan kedalaman mencapai -8,9 LWS yang dapat disandari kapal jenis LCT dan Tongkang.

“Dengan adanya KIP, kami yakin mampu menghidupkan secara kolektif pasar Pelabuhan Buluminung ini dan diharapkan akan menciptakan biaya logistik yang lebih efisien dalam mendukung pertumbuhan pembangunan IKN”. Tutupnya (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *