Dekatkan Layanan Pencari Kerja dengan Lembaga Penyalur Kerja, Anjungan SIAPKerja IKN Diresmikan

  • Bagikan

KALTIMTALK.COM, PENAJAM – Guna mendukung berlangsungnya pembangunan Ibu Kota Negara Baru Nusantara (IKN), Kementerian Ketenagakerjaan bersama Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) resmikan Anjugan SiaPKerja IKN dalam rangka mendekatkan dan memberikan pelayanan bidang ketenagakerjaan bagi masyarakat lokal Kabupaten PPU dan seluruh masyarakat Kalimantan Timur.

Anjungan SIAPKerja IKN diresmikan langsung oleh Plt. Bupati PPU Hamdam bersama Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie Cakrawangsa dan seluruh jajaran Kemenaker, Anggota DPRD PPU, Unsur Forkopimda PPU berserta Unsur Muspika Kecamatan Sepaku. “Beberapa waktu lalu (19/11).

Hamdam dalam persemian Anjungan SIAPKerja IKN mengatakan hadirnya keberadaan Anjungan SIAPKerja ini akan semakin mendekatkan layanan bagi para pencari kerja khususnya bagi masyarakat lokal di Kabupaten PPU dan tak terkecuali bagi seluruh masyarakat Kaltim.

Anjungan SIAPKerja ini akan memberikan pelayanan bidang ketenagakerjaan bagi masyarakat yang mengintegrasikan baik kepada para pencari kerja dan lembaga penyalurnya yang didalamnya mencakup seluruh layanan baik dalam pelatihan, sertifikasi hingga penempatan berdasarkan kualifikasi dan bidang kompetensi yang dimiliki.

“Anjungan SIAPKerja ini kiranya semakin membantu Pemerintah Daerah dan menjadi solusi terkait penyediaan ketenagakerjaan di Kalimantan Timur, terutama di daerah Kabupaten PPU yang menjadi titik sentra pembangunan IKN Indonesia baru sehingga SDM lokal dapat terakomodir dan tidak menjadi penonton seiring pembangunan IKN”. Ucapnya

Lebih lanjut, Ia juga menekankan adanya anjungan SIAPKerja sangat diharapkan dapat mengatasi persoalan pengangguran mengingat hingga saat ini kurang lebih 3000 para pencari kerja yang memerlukan lapangan kerja sehingga kedepan sarana ini dapat dimanfaatkan dengan baik dalam menyiapkan diri.

Untuk mendukung pengembangan SDM ini, Hamdam juga mengatakan bawah Pemerintah Kabupaten PPU juga akan menyiapkan lahan sekitar 10 hektare di Kecamatan Babulu, yang nantinya akan dijadikan sebagai lokasi pembangunan Balai Pelatihan Vokasi untuk program pengembangan pangan mengingat tempatnya yang sangat mendukung dalam pengembangan sentra pangan serta sebagai sentra lumbung pangan kaltim sampai saat ini. Pungkasnya.

Senada diungkapkan Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie Cakrawangsa terkait Anjungan SIAPKerja yang berada di kawasan IKN ini merupakan dukungan Kemnaker kepada Pemerintah Kabupaten Kabupaten Penajam Paser Utara yang menjadi titik pembangunan IKN Indonesia baru.

Anjungan SIAPKerja (sistem informasi dan aplikasi pelayanan ketenagakerjaan) yang disediakan merupakan paket lengkap dukungan Kemnaker terhadap IKN Nusantara, terutamanya dalam mengakomodir seluruh SDM lokal yang ada, tentunya ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin kepada seluruh masyarakat baik di Kabupaten PPU maupun seluruh masyarakat Kaltim.

“Anjungan SIAPKerja tidak hanya ditujukan untuk para pencari kerja di bidang industri dan perusahaan saja, tetapi bisa juga untuk masyarakat yang ingin menjadi pengusaha dan berwiraswasta dengan meningkatkan kompetensi dalam bidang tertentu”.

Oleh karenanya, Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat dan para pencari kerja bisa bisa datang langsung dalam mencari informasi hingga mendaftarkan diri dalam bidang kerja yang diinginkan dan bidang kerja apa saja yang dibutuhkan oleh para penyalur kerja. Tutupnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *