Hari Pahlawan 2022, Hamdam : Jadikan Momentum Untuk Perkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

  • Bagikan
Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara. Foto : Hms6

KALTIMTALK.COM, PENAJAM- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Hamdam menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Pahlawan ke-77, 10 November 2022 di lingkungan pemerintah kabupaten PPU, Kamis, (10/11) pagi.

Pelaksanaan upacara hari pahlawan di kabupaten PPU ini berjalan dengan khidmat. Tampak hadir sejumlah Forkopimda PPU diantarannya Kapolres PPU, AKBP Hendrik Eka Bahalwan, Dandim 0913 PPU, Letkol Inf. Arfan Affandi, Kajari PPU, Agus Candra, Sekretaris Daerah kabupaten PPU, Tohar dan sejumlah anggota DPRD. Upacara ini juga dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sejumlah organisasi masyarakat di lingkungan pemkab PPU.

Membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial RI, Hamdam mengatakan bahwa hari pahlawan setiap tahun diperingati dengan renungan yang sungguh – sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup sebagai bangsa dan negara merdeka.

“ Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa. Dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan kemerdekaan. Penting kita resapi semangat dan keikhlasannya,” kata Hamdam.

Dikisahkannya bahwa dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya. Rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama berikut pengikut dan santrinya, bersama lascar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu.

Para Pejuang Kemerdekaan Indonesia sambunng dia, secara gagah berani melawan tentara – tentara musuh yang bersenjata lengkap, tidak akan mau menyerah pada siapapun juga. Para pejuang sepenuhnya percaya bahwa masa depan bangsa, anak dan cucu kandung Revolusi Indonesia sangat layak untuk diperjuangkan. Para Pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapapun.

“ Hari ini pun kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh,” bebernya.

Lebih jauh kata dia, teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat bagi semua di peringatan hari pahlawan tahun ini. Peringatan hari pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

“ Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Jadikanlah semangat dan nilai – nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama,” tutupnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *