Kemenkominfo Gelar Ajang Obral Obrol Literasi Digital “IKN#MakinCakapDigital” di Kabupaten PPU

  • Bagikan
Kemenkominfo Gelar Ajang Obral Obrol Literasi Digital “IKN#MakinCakapDigital” di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

KALTIMTALK.COM, SEPAKU- Dalam rangka mempercepat program transformasi digital Indonesia dan mendorong peningkatan pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi masyarakat Indonesia, Direktorat Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo)  melaksanakan Kegiatan Talkshow Obral Obrol Literasi Digital dengan tema “IKN #MakinCakapDigital”di IKN,Sepaku,Penajam Paser Utara,Kalimantan Timur. (Kamis, 18 Agustus 2022).

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Penajam Paser Utara Budi Santoso , menyampaikan bahwa kecamatan Sepaku dalam waktu dekat akan menjadi ibukota negara baru,maka dari itu masyarakat khususnya disepaku harus bisa memahami literasi digital yang baik, dan dapat mengambil peluang bisnis yang bermanfaat untuk masyarakat, Sebutnya saat membuka kegiatan Talkshow Obral Obrol Literasi Digital.

Dalam Talkshow dihadiri dua Narasumber yakni Dewan pengarah Siber kreasi Bapak Wicaksono/Ndoro Kakung, dan Lokal Champion Literasi digital fair 2021 Beta Centauri.

Menurut dewan pengarah Siber kreasi Bapak Wicaksono , Perkembangan digital dan juga pembangunan di IKN saat ini cukup cepat, maka dari itu masyarakat juga perlu literasi digital yang baik,dalam Literasi digital yang baik masyarakat harus bisa menganalisa informasi digital/internet dengan teliti.

Maraknya kejahatan secara digital dimana data dapat sangat mudah diretas sehingga dimewajibkan kita sebagai pengguna baik social media ataupun data bank harus sering mengganti password secara berkala agar tidak mudah diretas/ditebak, Pesannya.

Selain itu Beta Centuari Lokal Champion Literasi Digitalfair2021 menambahkan, Era Digital saat ini Masyarakat juga dapat membuat peluang bisnis yang bagus dalam digital, untuk mendapatkan peluang bisnis yang bagus masyarakat perlu mengoptimalisasi media sosial dalam bentuk UMKM, dan kecakapan dalam digital yaitu beretika dan tata kerama yang baik.

Selain itu tips dalam berdigital ”Tidak langsung percaya tentang informasi dan meneliti ulang informasi tersebut”,biasakan bersosial media dengan bertanggung jawab dan bijak. yakni “Saring Sebelum Sharing”Pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.