Final ! Begini Desain Istana Negara di Ibu Kota Baru

Foto: Desain Istana Kepresidenan di Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur (Tangkapan Layar Instagram @nyoman_nuarta)

KALTIMTALK.COM, JAKARTA- Rancangan desain Istana Negara baru di ibu kota baru makin terlihat jelas. Hal ini terungkap setelah pemenang sayembara Istana Garuda Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur, yaitu seniman Nyoman Nuarta menuangkan rancangan final di media sosial. Ia pun mengonfirmasi Jokowi sudah setuju.

“Sudah final, bapak presiden mengharapkan saya bisa terlibat mengawal desain itu,” katanya saat dikonfirmasi mengutip CNBC Indonesia, Selasa (4/1/21).

Desain istana ibu kota baru sempat mendapat pertentangan dari beberapa Asosiasi Arsitek karena dinilai kuno atau ketinggalan zaman di era digitalisasi. Namun, Nyoman Nuarta enggan ambil pusing. Ia tetap menyiapkan desain istana dengan konsep burung garuda hingga akhirnya disetujui Jokowi.

“Gedung garuda 4 lantai posisi di atas bukit, 88 Mdpl (Meter di atas permukaan laut). Lokasi merupakan kapling istana,” jelas Nyoman Nuarta.

Foto: Desain Eksterior Kantor Presiden di Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur (Tangkapan Layar Instagram @nyoman_nuarta)

Dari desain itu terlihat burung Garuda sedang mengepakkan sayapnya. Kepakan sayap garuda punya tinggi bangunan 170 meter. Ketinggian ini tentu melampaui tinggi Monumen Nasional (Monas) yang hanya 132 meter.

Desain seperti ini yang membuat Jokowi kepincut. Pada presentasinya di Istana Merdeka kemarin, Nyoman memperlihatkan langsung desainnya didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Demi mewujudkan proyek besar ini, pemerintah telah menyerahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pembangunan akan dilakukan secara bertahap mulai tahun depan

Seperti diketahui, pembangunan IKN telah tertuang dalam dokumen Rancangan Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022 dengan alokasi anggaran senilai Rp 510,79 triliun.

Berdasarkan dokumen PUPR yang diterima CNBC Indonesia dikutip Rabu (6/10/2021), konstruksi Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) akan dibangun di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (hoi/hoi)

Sumber : CNBC Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *