Siap Diberangkatkan, 58 Calon Jamaah Haji PPU Ikuti Bimbingan Manasik Haji

KALTIMTALK.COM,PENAJAM – Sebanyak lima puluh delapan calon jamaah haji Kabupaten Penajam Paser Utara tahun 2022 yang akan diberangkatkan pada keloter kedua bersama para peserta jamaah lainnya di Kalimantan Timur mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji tingkat kabupaten yang digelar kantor kementerian agama Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pj. Sekda Tohar saat mengahadiri sekaligus membuka kegiatan bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Penajam Paser Utara tahun 2022 mengungkapkan manasik ini diharapkan dapat menjadi bekal pengetahuan terkait tata cara ibadah haji bagi para jamaah selama melakukan rangkaian ibadah di tanah suci. “Senin (6/16)

“Ini penting dalam bimbingan manasik haji karena didalamnya ada pamantapan terkait pemahaman ataupun bekal materi hingga pengetahuan bagi para jamaah, sehingga niat kita dalam melaksanakan haji dan segala macam rangkaiannya dapat betul-betul terlaksana dengan harapan dapat mencapai haji yang mabrur “ Ujarnya

Lanjutnya, Ia juga berpesan kepada para jamaah kiranya terus menjalin komunikasi kepada ketua pembimbing rombongan agar segala proses ibadah yang dilaksanakan terus berjalan tanpa satupun yang tertinggal.

“Para calon jamaah harus punya komitmen dan ikuti arahan koordinator pembimbing sehingga proses pelaksanaanya nanti dapat berjalan dengan baik, tidak saja pada saat proses ibadah berlangsung namu pada saat pemberangkatan hingga pulang ke tanah air nanti”.

Termasuk kepada para pendamping, Tohar menghimbau kirannya dapat meniatkan diri selain sebagai tugas dan fungsi pendamping selama peroses ibadah haji berlangsung kiranya mengikhlaskan diri dengan setulus hati dalam mengakomodir dan bertanggung jawab penuh dalam pelaksanaan ibadah kepada para jamaah baik dalam pemberangakatan hingga kepulangannya ke nanti ke tanah air.

“Selamat kepada bapak-ibu para peserta calon jamaah haji yang terpanggil untuk menunaikan ibadah haji mulai hari ini dalam giat bimbingan manasik sampai pada saatnya dapat melaksanakan ibadahnya dengan baik, diberikan kesehatan serta dapat kembali ketanah air dengan haji yang mabrur,” tutupnya.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Penajam Paser Utara H. Nasruddin mengatakan pada tahun 2022 ini calon jamaah haji Kabupaten Penajam Paser Utara yang akan diberangakatkan pada keloter kedua sebanyak lima puluh delapan calon jamaah.

Ia menerangkan calon jamaah haji sebelumnya berjumlah enam puluh peserta namun terdapat mutasi pemberangkatan dua calon jamaah di ditempat yang berbeda yaitu jawa timur dan kalimantan selatan, sehingga yang akan diberangkatan dari Penajam Paser Utara menjadi lima puluh delapan dengan peserta pria sebanyak dua puluh tiga peserta dan tiga puluh lima peserta perempuan.

“Kegiatan manasik ini sangat penting sekali bagi jamaah karena menunjang wawasan, keterampilan serta ilmu pengetahuan yang berkaitan ibadah haji selama proses pelaksanaan nanti oleh para jamaah”.

Melalui bimbingan manasik haji ini diharapkan menjadi pedoman bagi para calon jamaah dalam menunaikan segala rentetan ibadah yang dimulai dari pemberangakatan hingga kepulangannya dengan harapan menjadi haji yang mambrur,Pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *